Keamanan Jaringan

Keamanan Komputer seperti yang dikatakan oleh John D. Howard, seorang Analisys Of Security Incidents On The Internet pada tahun 1989-1995, mengatakan bahwa : “Computer Security is preventing attackers form achieving objectives through unathorized access or unauthorized use of computers & Networks”. Yaitu proses pencegahan yang dilakukan oleh penyerang untuk terhubung ke dalam jaringan komputer melalui akses yang tidak sah, atau penggunaan secara ilegal dari komputer dan jaringan.

Tujuan
Availability / Ketersediaan,
Reliability / Kehandalan, dan
Confidentiality / Kerahasiaan.

Cara Pengamanan Jaringan Komputer

Otentikasi
Proses pengenalan peralatan, sistem operasi, kegiatan, aplikasi dan identitas user yang terhubung dengan jaringan komputer. Otentikasi dimulai pada saat user login ke jaringan dengan cara memasukkan password.

Tahapan Otentikasi :
o Otentikasi untuk mengetahui lokasi dari peralatan pada suatu simpul jaringan (data link layer dan network layer).
o Otentikasi untuk mengenal sistem operasi yang terhubung ke jaringan (transport layer).
o Otentikasi untuk mengetahui fungsi/proses yang sedang terjadi di suatu simpul jaringan (session dan presentation layer).
o Otentikasi untuk mengenali user dan aplikasi yang digunakan (application layer).


Enkripsi
Teknik pengkodean data yang berguna untuk menjaga data / file baik di dalam komputer maupun pada jalur komunikasi dari pemakai yang tidak dikehendaki enkripsi diperlukan untuk menjaga kerahasiaan data. Teknik Enkripsi ada dua, yaitu DES (Data Encription Standard) dan RSA (Rivest Shamir Adelman).

Komentar

Postingan Populer