Ancaman Jaringan

Resiko Jaringan Komputer
Segala bentuk ancaman baik fisik maupun logik yang langsung atau tidak langsung mengganggu kegiatan yang sedang berlangsung dalam jaringan.

Faktor- Faktor Penyebab Resiko

Dalam Jaringan Komputer
¾ Kelemahan manusia (human error)
¾ Kelemahan perangkat keras komputer
¾ Kelemahan sistem operasi jaringan
¾ Kelemahan sistem jaringan komunikasi

Ancaman Jaringan komputer

FISIK
- Pencurian perangkat keras komputer atau perangkat jaringan
- Kerusakan pada komputer dan perangkat komunikasi jaringan
- Wiretapping
- Bencana alam

LOGIK
- Kerusakan pada sistem operasi atau aplikasi
- Virus
- Sniffing

Beberapa Bentuk Ancaman Jaringan

• Sniffer
Peralatan yang dapat memonitor proses yang sedang berlangsung

• Spoofing
Penggunaan komputer untuk meniru (dengan cara menimpa identitas atau alamat IP.

• Remote Attack
Segala bentuk serangan terhadap suatu mesin dimana penyerangnya tidak memiliki kendali terhadap mesin tersebut karena dilakukan dari jarak jaruh di luar sistem jaringan atau media transmisi

• Hole
Kondisi dari software atau hardware yang bisa diakses oleh pemakai yang tidak memiliki otoritas atau meningkatnya tingkat pengaksesan tanpa melalui proses otorisasi Phreaking Perilaku menjadikan sistem pengamanan telepon melemah

• Hacker
– Orang yang secara diam-diam mempelajari sistem yang biasanya sukar dimengerti untuk kemudian mengelolanya dan men-share hasil ujicoba yang dilakukannya.
– Hacker tidak merusak sistem

• Craker
– Orang yang secara diam-diam mempelajari sistem dengan maksud jahat
– Muncul karena sifat dasar manusia yang selalu ingin membangun (salah satunya merusak)

Ada beberapa macam serangan sistem jaringan komputer. Namun, hanya dua erangan yang akan dibahas pada post ini, yaitu serangan DOS (Denial-of-Service attack), dan SQL Injection.
  • Serangan DOS (Denial-Of-Service attacks)

Serangan DOS merupakan jenis serangan terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan internet dengan cara menghabiskan bandwith yang dimiliki oleh server tersebut sampai server tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar sehingga secara tidak langsung mencegah pengguna lain untuk memperoleh akses layanan tersebut.
  • SQL Injection

SQL Injection merupakan sebuah teknik yang melakukan serangan kepada sebuah celah keamanan yang terjadi dalam program sebuah aplikasi karena tidak dilakukan sanitasi pada masukan pengguna. Celah ini terjadi ketika masukan pengguna tidak disaring secara benar dari karakter-karakter pelolos bentukan string yang diimbuhkan dalam pernyataan SQL atau masukan pengguna tidak bertipe kuat dan karenanya dijalankan tidak sesuai harapan.
Pada era digital ini, berbagai instansi memiliki website yang terhubung dengan jaringan internet. Terdapat berbagai macam instansi di Indonesia yang memiliki website, mulai dari instansi pendidikan, komersial hingga pemerintahan. Berbagai informasi yang terdapat di sana membuat keamanan jaringan sangat penting terutama untuk web instansi pemerintah yang cenderung menyimpan banyak informasi penting. Pada post ini akan dibahas secara khusus celah keamanan pada jaringan web instansi pemerintahan.

Komentar

Postingan Populer